Selasa, 08 Mei 2012

Banten Akan Bangun Museum Krakatau


Serang - Pemerintah Provinsi Banten akan membangun Museum Krakatau di kawasan Mercusuar Anyer, Kampung Anyer Kidul, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Museum tersebut akan menghadirkan bukti sejarah meletusnya Gunung Krakatau pada 1883.
“Kami targetkan pada Agustus 2013, Museum Krakatau sudah ada,” kata Wakil Gubernur Banten Rano Karno, pada Selasa, 27 Maret 2012.
Menurut dia, Pemerintah Provinsi Banten ingin menunjukkan keindahan dari Gunung Krakatau yang sarat nilai sejarah sejak meletus pada 1883. Apalagi, pada 2013 mendatang, bertepatan dengan 130 tahun meletusnya gunung api yang berada di perairan Selat Sunda ini.
Menurut Rano, rencananya, Museum Krakatau akan dibangun di kawasan Mercusuar Anyer karena di sana terdapat bangunan bersejarah berupa mercusuar. Lokasi mercusuar ini juga merupakan titik 0 kilometer pembangunan jalan Anyer-Panarukan sepanjang kurang lebih 1.000 kilometer, yang dibuat pemerintah Belanda di bawah Gubernur Jenderal Daendels. Jalan Anyer-Panarukan ini juga dikerjakan dalam waktu satu tahun dengan mengorbankan ribuan rakyat Banten yang dijadikan pekerja rodi.
“Kami sudah layangkan surat kepada Kementerian Perhubungan karena tanahnya yang ada di situ saat ini dimanfaatkan oleh Kementerian Perhubungan. Mudah-mudahan tidak dipersulit,” kata Rano.
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Banten Edi Mahfudin sangat mendukung rencana itu karena Museum Banten maupun Museum Krakatau nanti akan menjadi ikon Banten, sehingga akan menimbulkan efek berganda yang luar biasa bagi masyarakat Banten. “Gagasan ini merupakan gagasan brilian. Jadi tidak ada alasan Komisi II tidak mendukungnya,” katanya.(ratuatut.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar